Tradisi Cium Pipi Bagi Orang Belanda ( Global Excellent )

 
Les Bahasa Global Excellent ,--Anda tahu, bagaimana cara lama orang Belanda dalam berkenalan. Caranya adalah dengan mencium pipi sebanyak tiga kali. Menyapa seorang yang baru dikenal dengan mencium pipi sebanyak tiga kali timbul pertama kali nya di awal tahun 50 an. Tepatnya pada waktu itu di Brabant, Belanda selatan.

Menurut Inge Strouken dari Pusat Budaya Rakyat di Belanda, awalnya masyarakat Belanda tidak menerima begitu saja cara menyapa orang yang baru dikenal dengan mencium pipi sebanyak tiga kali.

Sebelumnya mayarakat Belanda, telah mengenal budaya cium pipi tapi hanya satu kali. Namun, lama-lama warga Belanda bisa menerimanya karena kalangan generasi muda lah yang kembali mempopulerkan ciuman sebanyak tiga kali.

Inge Strouken dari Pusat Budaya Rakyat di Belanda mengatakan “Ya di tahun 55, 56 dan 57 waktu itu dipopulerkan oleh kawula muda dan orang-orang yang ingin keliatan muda. Selain juga ditampilkan oleh orang-orang yang muncul di tivi dengan rock n rol nya. Ternyata saat itu mulai memasyarakat. Sampai sekarang cium pipi tiga kali menjadi tradisi.”

Cium pipi tiga kali ini berlaku untuk semua orang, kecuali laki-laki dengan laki-laki. Itu adalah sebagai bentuk pemberian salam, sama seperti halnya dengan menjabat tangan. Mungkin ini cara mudah untuk bekenalan dengan orang lain yang mungkin berbeda Bahasa. Namun, jika anda merasa risih terutama kaum perempuan maka ada beberapa trik untuk menolaknya.

“Ada juga cara menolak ciuman pipi tiga kali ini dengan halus terutama terjadi di kaum perempuan. Supaya orang lain tidak merasa tersinggung. Misalnya dengan bahasa tubuh untuk menolak ketika hendak dicum.

Tidak semua warga Belanda, mau melakukan ini. Menurut Strouken, tiga kali cium pipi hanya dilakukan pada awalnya untuk meniru kalangan muda. Hanya memang tidak cocok dalam kultur Belanda dan memberi kesan yang aneh sebetulnya.
Namun sayang sata ini tradisi cium pipi tiga kali itu sudah menghilang. Orang Belanda lebih suka menyapa mneggunakan bahasa Belanda atau Bahasa Inggris, untuk orang dari lain negara. Seiring banyaknya warga negara kita yang menetap disana, banyak orang yang sengaja Belajar Bahasa Belanda. Selain itu,  bahasa Belanda juga banyak dipilih karena kosakata dan pengucapannya yang unik.

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *