1. Tahap orientasi
Pada tahap ini guru mengondisikan
siswa pada posisi siap untuk melakukan pembelajaran Tahap orientasi
dilakukan dengan, pertama penjelasan tujuan yang harus dicapai, baik
tujuan yang berhubungan dengan penguasaan materi pelajaran, maupun
tujuan yang berhubungan dengan proses pembelajaran atau kemampuan
berpikir yang harus dimiliki oleh siswa. Kedua, penjelasan proses
pembelajaran yang harus dilakukan siswa dalam setiap tahapan proses
pembelajaran.
2. Tahap Pelacakan
Tahap pelacakan adalah tahapan
penjajakan untuk memahami pengalaman dan kemampuan dasar siswa sesuai
dengan tema atau pokok persoalan yang akan dibicarakan. Melalui tahapan
inilah guru mengembangkan dialog dan tanya jawab untuk mengungkap
pengalaman apa saja yang telah dimiliki siswa yang dianggap relevan
dengan tema yang akan dikaji. Dengan berbekal pemahaman itulah
selanjutnya guru menentukan bagaimana ia harus mengembangkan dialog dan
tanya jawab pada tahapan-tahapan selanjutnya.
3. Tahap Konfrontasi
Tahap konfrontasi adalah tahapan
penyajian persoalan yang harus dipecahkan sesuai dengan tingkat
kemampuan dan pengalaman siswa. Untuk merangsang peningkatan kemampuan
siswa pada tahapan ini, guru dapat memberikan persoalan-persoalan yang
dilematis yang memerlukan jawaban atau jalan keluar. Persoalan yang
diberikan sesuai dengan tema atau topic itu tentu saja persoalan yang
sesuai dengan kemampuan dasar atau pengalaman siswa.Pada tahap ini guru
harus dapat mengembangkan dialog agar siswa benar-benar memahami
persoalan yang harus dipecahkan.
4. Tahap inkuiri
Tahap inkuiri adalah tahapan
terpenting dalam Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir.
Pada tahap inilah siswa belajar berpikir yang sesungguhnya. Melalui
tahapan inkuiri siswa diajak untuk memecahkan persoalan yang
dihadapi.Oleh sebab itu guru harus memberikan ruang dan kesempatan
kepada siswa untuk mengembangkan gagasan dalam upaya penecahan
persoalan.
5. Tahap Akomodasi
Tahap akomodasi adalah tahapan
pembentukan pengetahuan baru melalui proses penyimpulan. Pada tahap ini
siswa dituntut untuk dapat menemukan kata-kata kunci sesuai dengan topik
atau tema pembelajaran. Pada tahap ini melalui dialog guru membimbing
agar siswa dapat menyimpulkan apa yang mereka temukan dan mereka pahami
sekitar topik yang dipermasalahkan.
6. Tahap Transfer
Tahap transfer adalah tahapan penyajian masalah baru yang sepadan dengan masalah yang disajikan.Tahap transfer dimaksudkan agar agar siswa mampu menstransfer kemampuan berpikir setiap siswa,untuk memecahkan masalah-masalahbaru.Pada tahap ini guru memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan topic pembahasan.