Alasan Mengapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional

Bahasa merupakan sarana untuk berkomunikasi antar sesama. Semua mahluk hidup memiliki bahasa masing-masing yang dipahami oleh mereka. Begitu juga dengan manusia. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, maka perlu bahasa. Bahasa inggris merupakan salah satu jens bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini. Mengapa? Itulah yang kita lihat sekarang ini. Maka muncul pertanyaan yang sering muncul, kenapa sih kok bahasa inggris dijadikan bahasa internasional? Adakah alasan khususnya? Baiklah di sini author akan menguraikan secara jelas dan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya #Eh.
Mengapa bahasa inggris dijadikan bahasa internasional tidak terlepas dari beberapa sebab dan alasan. Alasan yang paling utama adalah karena bahasa inggris merupakan bahasa yang paling tua di dunia, tercatat pada abad ke-8 bahasa ini digunakan pertamakali di tanah britania. Selanjutnya, bahasa ini juga memiliki kosakata yang sangat cukup banyak dan mengalami perkembangan yang sangat pesat juga. Mudah menyerap kosakata baru, menjadikan bahasa ini semakin kaya. Dengan pencatatan kosakata yang dilakukan oleh tim Google dan tim riset gabungan dari peneliti Havard University menyatakan bahawa penampabahan kosata bahasa ini telah mecapai 8.500 kosa kata tiap tahun. Jumlah yang sangat fantastis untuk perkembangan suatu bahasa. Jumlah kosa kata bahasa tertua ini seluruhnya sampai saat ini emncapai 1.022.000 kata. Banyak sekali bukan? Dibandingkan dengan bahasa kesatuan kita bahasa Indonesia, jumlah kosakata tersebut sungguh sangat banyak sekali.
Karena menurut pusat bahasa kemendikbud yang baru saja merilis KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk edisi keempat, ternyata hanya berisi total kosa kata sebanyak 91.000 kosa kata. Jadi bahasa Indonesia masih cukup jauh jumlah kosa katanya. Padahal kamus edisi keempat ini merupakan pengembangan kamus edisi sebelumnya yakni kamus edisi ketiga yang kira-kira berjumlah 82.000 kosakata. Tidak mengherankan jika bahasa inggris ternyata lebih kaya akan dari segi kosakata. Perlu diketahui, perkembangan jumlah kosakata dijadikan sebagai nilai dan pedoman serta patokan suatu bahasa tersebut layak dianggap sebagai bahasa internasional atau tidak.
Untuk alasan lainnya adalah Inggris merupakan suatu Negara yang maju dan cukup adidaya di belahan bumi Eropa. Dapat dilihat dari hasil inovasi serta hasil ilmu pengetahuan  yang tersebar berasal dari Negara Eropa sana, termausk Inggris. Banyak penemuan-penemuan berupa hasil riset, hasil perkembangan ilmu pengetahuan berkembang cukup pesat dari sana. Sama halnya dahulu, ketika bangsa ilmuwan muslim arab mengusai bidang ilmu dan teknologi, bahasa Arab juga digunakan cukup pesat pada masa itu, yakni Arab > bahasa arab, latin > bahasa latin, Yunani dan selanjutnya bahsa inggris. Maka dari itu pemakaian bahasa inggris menjadikan hal yang wajib demi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi setidaknya untuk saat ini. Tidak menutup kemungkinan nanti akan muncul bahasa asing lain lagi atau mungkin bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional bukan?
Yang perlu diingat jika kita menengok ke sejarah, kita tidak boleh melupakan fakta bahwa Negara yang memiliki banyak Negara jajahan di dunia ini adalah Negara inggris. Tidak herna jika bekas Negara jajahannya menggunakan bahasa ini sebagai bahasa nasionalnya. Dengan demikian, bahasa inggris mudah tersebar ke belahaan dunia manapun. Alasan selanjutnya adalah bahwa bahasa inggris sudah banyak digunakan dalam dunia usaha, seperti komunikasi dalam bisnis terutama dalam kemajuan IPTEK dan teknologi saat ini. Bahasa inggris digunakan sebagai bahasa pemersatu antar Negara. Tidak mengherankan jika dalam dunia kerja usaha, bsinis dan kegiatan perekonomian dituntut untuk mengusai bahasa inggris secara aktif dan pasif, terutama yang berhubungan dengan perusahaan-perusahaan di Negara lain.
Dalam berbahasa inggris, kemampuan dasar yang perlu dikuasai adalah keahlian dalam bidang percakapan (conversation), menulis (writing), melaporkan (reporting), menyajikan sesuatu (presenting) dan kemampuan berkerjasama (negotiating). Kemampaun bercakap-cakap merupakan dasar dalam bahasa inggris yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti dalam menerima telephone dari klien, rekan kerjasama, ataupun percakapan langsung dalam suatu rapat di perusahaan. Kemampuan dalam tulis menulis (writing) juga sangat diperlukan di sini, di dalam aktivitas dalam dunia bisnis seperti membuat email, surat menyurat manual, sangta dibutuhkan keterampilannya.

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *