Beberapa Bahasa Yang Banyak Digunakan di Dunia

Seperti yang sudah Anda ketahui dari sejarah bahwa Kerajaan Inggris pernah menguasai hampir sepertiga wilayah bumi. Dan menjadi kekuatan yang penting di dunia selama berabad-abad. Itulah sebabnya, Bahasa Inggris pemakaiannya begitu luas sampai saat ini.

Negara adidaya, Amerika Serikat menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara. Begitu juga dengan negara-negara bekas jajahan Inggris lainnya seperti Nigeria, Inggris, Australia, Selandia Baru, Singapura dan lain-lain. Jumlah penutur Bahasa Inggris di negara-negara tersebut besar. Banyak organisasi internasional yang menggunakan Bahasa Inggris untuk memudahkan berkomunikasi antara orang-orang dari negara yang berbeda.

Spanyol merupakan bangsa pertama yang mencapai Benua Amerika. Hasilnya, banyak negara di benua barat tersebut memakai Bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi, terutama negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan. Bahasa ini juga memiliki banyak penutur di Amerika Serikat.

Seperti halnya Inggris dan Spanyol, Prancis merupakan bangsa yang memiliki banyak daerah koloni di seluruh dunia. Sekarang, Bahasa Prancis tidak hanya dituturkan di negara asalnya saja, tapi juga meluas ke negara-negara bekas jajahannya seperti Kaledonia Baru, Quebec Kanada, dan sebagian negara-negara Afrika.

Peradaban Tiongkok sudah berlangsung sejak ribuan tahun silam. Selama ribuan tahun tersebut, budaya Tiongkok banyak menyebar ke negara-negara lain di Asia Timur dan Tenggara. Tiongkok memiliki lebih dari satu miliar penduduk.dan merupakan salah satu pusat kekuatan ekonomi dunia saat ini. Pertumbuhan ekonomi yang cepat membuat Bahasa Mandarin sangat penting untuk dipelajari oleh bangsa lain.

Bahasa Arab banyak diturunkan di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa ini banyak dikenal karena merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al Qur'an. Penyebaran agama Islam memiliki andil yang besar terhadap meluasnya penggunaan Bahasa Arab di seluruh dunia.

Bahasa Rusia
Rusia, sewaktu masih bernama Uni Soviet, pernah menjadi salah satu negara adidaya setelah Amerika Serikat. Sebelum pecah, Uni Soviet terdiri dari negara-negara yang ada di Eropa timur dan Asia Tengah. Oleh karena itu, Bahasa Rusia dituturkan secara luas dan menjadi penting di seluruh dunia. Bahkan setelah pecah, penduduk negara-negara eks-Uni Soviet masih memakai Bahasa Rusia, terutama negara Rusia itu sendiri.

Masih ada beberapa bahasa seperti bahasa Portugis, Jerman, Jepang, dan Korea yang tidak kalah pentingnya. Namun, Sarkliwon hanya membahas bahasa-bahasa yang secara resmi digunakan di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Semoga bermanfaat.

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *