Bercengkerama dengan Koshik, Gajah yang Pintar Berbahasa Korea

detail berita
GLOBAL BAHASA--PENCINTA hewan, sepertinya Anda harus main ke Kebun Binatang Everland di Korea Selatan. Di sini, Anda bisa bercengkerama dengan gajah yang bisa berbicara menggunakan bahasa Korea.

Seekor gajah Asia bernama Koshik tinggal di Kebun Binatang Everland, Korea Selatan. Dia memiliki kemampuan unik, yaitu bisa meniru suara manusia. Koshik dapat mengeluarkan suara yang dapat dikenali dengan bahasa Korea.

Koshik adalah satu-satunya gajah yang tinggal di kebun binatang tersebut sejak usianya masih lima tahun. Perkembangannya tumbuh dewasa lebih disebabkan oleh pendampingan manusia.

"Kami mengira bahwa keunikan Koshik yang bisa berbahasa manusia ini adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan pengasuh manusianya," kata Angela Stoeger, Ahli Biologi dari Universitas Vienna, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/11/2012).

Ini bukan pertama kalinya ditemukan gajah yang dapat meniru suara manusia. Sebelumnya, di sebuah kebun binatang di Kazakhstan, juga ditemukan kasus serupa. Bedanya, gajah di sana berbicara bahasa Rusia dan Kazakh, yang merupakan bahasa setempat.

Keberadaan Koshik menarik turis untuk datang ke kebun binatang ini sejak beberapa tahun lalu. Kini, ia diteliti oleh beberapa ahli hewan untuk mengetahui apakah benar gajah ini mengeluarkan suara manusia atau hanya menirunya.

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *