Tips & Trik cara pintar bicara bahasa inggris Bersama Global bahasa

Tips untuk pintar dan mudah dalam belajar bahasa inggris adalah menjadi anak kecil. Maksudnya adalah untuk menguasai bahasa inggris yang notabene asing bagi kita (yang notabene bukan bahasa utama yang kita pakai sehari-hari) kita harus melupakan pengetahuan akan bahasa yang telah kita pelajari (note: bahasa ibu kita atau bahasa yang kita pakai sehari-hari) dan memulai dari awal seperti anak kecil yang belajar untuk berbicara.
Tips yang kedua adalah jangan hiraukan cemoohan orang lain. Praktekkan terus kosa kata baru, rangkai menjadi kalimat sendiri. Paksa mereka yang mencemooh anda untuk aktif dalam mendengarkan perkataan bahasa inggris anda. Mungkin awalnya dialek atau logat kedaerahan akan terasa sangat kental tapi acuhkan dulu itu. Biarkan Jawanese – English atau Padangese – English anda membuat orang tertawa atau malah terheran-heran. Berbicara bahasa inggris dengan dialek daerah itu bukan kegagalan, jangan anda merasa gagal dalam berusaha menjadi orang asing, praktekkan selalu kemampuan anda. Bahkan Amerika atau orang Inggris akan ketahuan dari cara bicaranya.
Terkait dengan tips kedua diatas untuk menghilangkan logat kedaerahan yang kental anda harus mendengarkan bagaimana native speaker (orang yang berkomunikasi dengan bahasa inggris sebagai bahasa utama) dalam berbicara. Jika anda senang mendengarkan musik maka cobalah ikuti penyanyi yang sedang melantunkan lagu, jika anda senang menonton cobalah dengarkan dan sesekali ikuti bagaimana para aktor dan aktris yang sedang beradegan mengungkapkan kata-kata. Kalau saya sendiri sering ber-monolog dalam bahasa inggris. Ada yang tahu monolog itu apa? Arti monolog itu (gampangnya) berbicara sendiri, jadi yah saya agak dianggap sinting oleh orang disekitar karena ngomong sendiri dalam bahasa inggris. Tapi untuk menjadi lebih pintar bicara dalam bahasa inggris saya dapat menerimanya, setidaknya saya tidak berhenti belajar.
Langkah ketiga yang akan saya sampaikan cukup rumit. Seperti yang telah saya sebutkan diawal bahwa bahkan diantara mahasiswa sastra inggris ada orang-orang yang mencemooh ketika ada orang yang praktek bicara bahasa inggris. Tips ketiga adalah membentuk kelompok atau komunitas belajar bahasa inggris. Tentunya dalam komunitas ini masing-masing peserta di-WAJIB-kan untuk berbahasa inggris dengan mengenyampingkan kekurangan-kekurangan yang ia punyai. Masing-masing peserta harus membantu untuk saling memperbaiki dengan cara yang menyemangati bukan mencemooh yang akhirnya semangat untuk belajar bersama ini menjadi turun atau hilang.
Semoga tips dan saran yang telah saya sampaikan diatas dapat membantu teman-teman yang ingin pintar bicara bahasa inggris atau ada yang mau menambahkan tips dan triknya?

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *