Cara Membuat Tulisan dalam Bahasa Inggris dengan Baik?- LES PRIVAT GLOBAL

Menulis dalam bahasa inggrisTahukah Anda bahwa ada dua pilar penting yang harus Anda kuasai saat ingin menguasai bahasa Inggris (dan semua bahasa pada umumnya)? Yup! Tebakan yang tepat, speaking (berbicara) dan writing (menulis). Jika Anda mengalami kesulitan yang cukup berarti saat akan membuat tulisan dalam bahasa Inggris, misalnya baru menyusun satu dua kalimat saja sudah membuat Anda sakit kepala, hal itu bukan berarti Anda tidak mampu menulis. Masalahnya hanya Anda belum bertemu dengan orang yang memberitahu Anda cara mudah membuat tulisan dalam bahasa Inggris. Percayalah, menulis adalah ketrampilan yang bisa dikuasai dengan cara-cara yang jauh lebih sederhana dari yang pernah Anda bayangkan.
Marilah sejenak kita menilik pengalaman Anda semasa sekolah dulu. Ingatlah saat-saat Anda harus membuat tulisan dalam bahasa Inggris ataupun dalam bahasa pertama Anda. Apakah tulisan Anda dikomentari oleh guru Anda? Boleh jadi guru Anda berkata: “Kamu tidak boleh menulis dengan cara seperti ini. Kamu harus menggunakan bahasa yang lebih baik!”. Dan seberapa seringkah Anda ditugaskan membuat tulisan tentang topik-topik yang menurut Anda sangat membosankan?
Jika Anda menganalisa masa-masa sekolah Anda, Anda akan mulai menyadari bahwa Anda telah sejak lama dituntun untuk mempercayai bahwa menulis adalah sebuah ketrampilan yang istimewa. Untuk bisa membuat tulisan yang bagus, Anda harus menggunakan bahasa yang formal dan literal. Dan hari ini adalah hari keberuntungan Anda karena telah menemukan tulisan ini yang akan mengungkap rahasia-rahasia dan tips-tips untuk membuat tulisan dalam bahasa Inggris yang bermutu.
Sumber: ttlearning.com
1. Rubahlah cara berpikir Anda tentang menulis
Untuk bisa membuat tulisan dalam bahasa Inggris, berhentilah berpikir bahwa menulis adalah sebuah karya atau sesuatu yang akan diperiksa dengan penuh ketelitian baik oleh guru Anda maupun orang lain. Berpikirlah lebih sederhana. Ketika Anda membuat tulisan dalam bahasa Inggris, hendaknya tulisan Anda memuat deskripsi-deskripsi yang jelas tentang topik yang Anda angkat. Hanya itu intinya.
Anda juga sebaiknya tidak mempersulit diri dengan menggunakan bahasa yang rumit dan kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Jangan sampai Anda dikacaukan oleh pemikiran bahwa penutur bahasa Inggris asli akan memberikan penilaian yang buruk pada tulisan Anda jika Anda menggunakan kata-kata atau kalimat-kalimat yang sederhana dan umum didengar.
2. Bicaralah terlebih dahulu baru kemudian menulis
Sudah tahukah Anda bahwa dibutuhkan waktu sekitar 600 milisekon sebelum isi pikiran Anda kemudian diverbalisasikan oleh mulut Anda? Sehingga lebih cepat bagi Anda untuk mengekspresikan pikiran Anda secara verbal daripada tertulis. Ketika kita berpikir, kita belum menciptakan kalimat-kalimat yang terformulasi secara jelas. Kita hanya memiliki sejumlah konsep yang masih bersifat abstrak. Anda harus menciptakan konten berbahasa Inggris yang bermakna sebelum mulai membuat tulisan dalam bahasa Inggris. Artinya, Anda harus berbicara terlebih dahulu baru kemudian menulis.
3. Tuliskan kerangka tulisan dalam bentuk poin-poin singkat
Menulislah sebagaimana Anda berbicara. Tuangkan ide-ide Anda dalam bentuk intisari atau kerangka tulisan setidaknya hingga lima poin saja. Anda tidak akan melompat dari satu subjek ke subjek lainnya karena Anda telah memiliki poin-poin utama yang telah urut. Membuat kerangka tulisan sebelum memulai membuat tulisan dalam bahasa Inggris juga memungkinkan Anda untuk membuat substansi-substansi tambahan dalam tulisan Anda.
4. Buatlah konsep
Konsep atau pengembangan dari kerangka tulisan sangat urgen jika Anda ingin membuat tulisan dalam bahasa Inggris. Menulislah dan kembangkan kerangka tulisan Anda secara cepat. Pada fase ini, Anda tidak perlu berpikir lama. Tulislah ide-ide yang muncul dalam benak Anda. Ingatlah untuk tetap berpedoman pada kerangka tulisan. Fase ini bukan fase untuk berpikir salah dan benar tetapi teruslah menulis dan mengembangkan ide Anda.
Satu hal yang penting adalah, lebih mudah bagi kita untuk mengoreksi sebuah konsep tulisan yang belum sempurna. Berapa banyak orang yang mencoba menulis kemudian berhenti setelah satu atau dua paragraf karna kehabisan kata-kata atau karna tidak bisa mempertahankan konsistensi ide dalam otak mereka.
5. Saatnya mengoreksi konsep tulisan Anda
Agar jalan Anda untuk membuat tulisan dalam bahasa Inggris semakin mendekati tujuan, bacalah konsep diatas dengan suara nyaring. Anda akan terkejut atau bahkan tertawa ketika menemukan kata atau frase yang ternyata kurang pas atau kurang sesuai dalam kalimat yang Anda buat ketika menulis. Jangan terburu-terburu! Periksalah secara teliti.

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *