Permasalahan yang sering muncul saat pengajaran tata bahasa Jepang pada pemula

guru bahasa jepangke rumah, guru les privat bahasa jepang, Guru les privat jepang kerumah, guru privat bahasa jepang ke rumah, Les Privat Bahasa jepang, Les private bahasa jepang., Pada umumnya, pelajar bahasa Jepang pada tahp pemula menggunakan buku pelajaran tata bahasa tingkat awal yang ditulis dengan bahasa asli mereka, bukan menggunakan bahasa Jepang. Hal ini dimaksudkan agar mereka mendapatkan kemudahan dalam pemahaman tata bahasa. Tetapi, walaupun mereka nisa memahami uraian dalam buku pelajaran tersebut, adakalanya masih sering menghadapi kesulitan untuk benar-benar dapat menguasai persoalan tata bahasa termasuk juga pemaham terhadap pengertian fungsi dari masing-masing kata yang dilihat dari segi ketata bahasaan. 

Pemahaman tata bahasa tidaklah hanya terbatas untuk pemenuhan pencaapaian keterampilan memahami bacaan, tapi juga harus mencakup kemempuan aktifitas berbahasa yang lain seperti : mendengar, berbicara,membaca, dan menulis. Maka, pengajaran tata bahasa tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan uraian-uraian tentang bahasa yang terdapat dalam buku-buku pelajaran saja.Selain hal di atas, ada pula masalah yang muncul, yaitu tututan siswa atas penjelasan atau pembenaran pada struktur pola tata bahasa sebuah kalimat yang salah. Memang dalam hal kesalahan ucapan, secara mudah pengajar dapat mengatasinya dengan cara langsung melakukan koreksi pembetulan. 

Tapi, dalam hal kesalahan yang berhubungan dengan unsur tata bahasa terkadang siswa sering meminta penjelasan yang lebih lanjut atas hal yang dianggap salah oleh pengajar.Misalnya pada kalimat ‘ 道を歩く (berjalan di jalan)’. Bila ada siswa yang mengucapkan ‘ 道に歩く ’ atau  道で歩く, dengan mudah pengajar membetulkannya, yaitu dengan meminta siswa tersebut mengucapkan ‘ 道を歩く ’.namun, tidak bisa dihindari bahwa siswa sering mengajukan pertanyaan lebih lanjut terhadap struktur pola kalimat tersebut. Maka pengajar harus menjelaskannya sesuai kaidah tata bahasa Jepang yang benar, yaitu: jika kitamenggunakan verba yang sifatnya menunjukkan perpindaha, seperti 歩く(berjalan)、通る(melewati)、出る(keluar) dan lainnya maka partikel yang harus digunakan untuk mengikuti verba tersebut adalahをbukan にatauで.Dalam pengajaran kaidah tata bahasa, pertanyaan “mengapa” memang merupakan hal yang sukar untuk dijawab. Pertanyaan senacam itu merupakan hal yang wajar terjadi pada siswa pada tahap pemula pada khususnya. Hal tersebut terjadi karena disebabkan adanya pengaruh bahasa ibu siswa itu sendiri yang lebih dahulu dipelajari sebelum mempelajari bahasa Jepang.

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *